24 Agustus 2014

5 Tanaman Pencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti semua orang. Bahkan, menjadi tiga besar pembunuh di Indonesia.

Banyak cara dilakukan agar terhindar dari penyakit ini. Bisa dengan olahraga, menerapkan pola hidup sehat, dan mengonsumsi ramun tradisional.

Berikut adalah lima jenis rempah dan tanaman obat yang diyakini mampu melawan sel kanker, seperti dilansir laman Dummies.

Jahe
Jenis tanaman umbi ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati flu sampai sembelit. Jahe dapat digunakan dalam kondisi utuh, bentuk bubuk (bumbu jahe), atau manisan. Jahe memiliki enzim anti kanker yang sekaligus menghilangkan mual dalam pengobatan kanker.

Daun rosemary
Daun ini berasal dari tanah mediterania yang merupakan sumber antioksidan yang baik. Minum dua sampai tiga cangkir teh rosemary dapat memperkuat daya tahan tubuh. Adapun di Indonesia, kini sudah tersedia di supermarket premium.

Kunyit
Zat curcumin pada kunyit bersifat antioksidan dan anti peradangan. Konsumsi parutan kunyit dicampur madu dapat membentengi tubuh dari mutasi sel ganas.

Cabai merah
Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Saat ini tengah dilakukan riset tentang krim cabai merah yang dapat membunuh sel kanker.

Bawang putih
Mengandung senyawa arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium, bawang putih dapat memerangi sel ganas dalam tubuh. Selain itu, tanaman umbi ini juga mampu meningkatkan imunitas dan mengurangi tekanan darah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar