17 November 2016

Susu Jahe

Susu Jahe Bundaria

Musim hujan begini memang paling pas dan nikmat minum minuman yang bisa bikin badan hangat ya. Apalagi bila sedang terkena flu ataupun batuk, duuuh minuman yang satu ini memang sangat membantu mengurangi rasa tidak nyaman selama sakit tersebut. Biasanya bila sedang mengalami batuk atau flu selama musim penghujan saya selalu mengajak suami hunting susu jahe di seputaran Summarecon. Selain susu jahe, di sana kami juga bisa menikmati roti bakar. Tapi namanya kalau lagi flu atau batuk hebat biasanya suka males mau keluar rumah. Apalagi saya termasuk orang yang rentan banget kena batuk rejan. Kalau sudah sekalinya terbatuk, akan terus berulang-ulang batuk hingga beberapa menit lamanya. Mengganggu? Bangeeet... Plus malu kalau lagi batuk-batuk lama di tempat umum. Akhirnya kepikiran untuk coba meracik sendiri susu jahe di rumah. Ternyata selain lebih murah, bisa jadi banyak, level kepedasan jahenyapun bisa kita sesuaikan dengan lidah kita. Berikut komposisi yang menurut saya passs banget dengan lidah saya. Pas jahenya, pas susunya.

Bahan :
------------
- Jahe segar seukuran telapak tangan dewasa
- 2 batang serai ( ambil bagian putihnya saja), potong masing-masing jadi 2 bagian. Cuci lalu geprek.
- Susu kental manis


Cara membuat :
-------------------------
1. Bakar jahe di atas kompor hingga kulit jahe agak kehitaman. Lalu kupas kulitnya dengan cara dikerik menggunakan pisau di bawah air keran yang mengucur. Selain kulit jahe mudah terkelupas, tangan andapun tidak panas. Lalu geprek, atau bisa diiris tipis-tipis sesuai selera anda. Kalau saya suka setengah jahe digeprek, setengah diiris-iris. Jahe irisannya bisa ikut dicemplungin di gelas saat penyajian agar terlihat lebih menarik.
2. Rebus 1 liter air, saat sudah panas masukkan jahe dan serai.
3. Bila sudah mendidih, matikan kompor dan tutup panci tersebut. Tunggu kurleb 1 jam supaya sari jahe dan serai lebih merasuk ke dalam airnya.

Cara Penyajian :
-------------------------
1. Siapkan gelas / cangkir
2. Tuang 3 sdm susu kental manis
3. Tuang kurleb 175 ml air rebusan jahe panas (panaskan kembali bila air rebusan sudah mulai dingin)
4. Aduk rata, dan siap disajikan

Note :
Bila anda suka ada aroma manis, anda bisa tambahkan sedikit potongan kayu manis saat membuat air rebusan jahenya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar